Mengenal Minuman Segar Pengganti Soda

Jangan Sembarangan, Ini Resep Infused Water yang Sehat! - KlikDokter
Mengenal Minuman Segar Pengganti Soda

Minuman Soda mengandung gula yang sangat tinggi. Satu porsi soda biasa dapat mengandung 9 ½ sendok teh gula tambahan, sementara dokter menyarankan untuk mengkonsumsi tidak lebih dari 9 sendok teh gula setiap hari. Konsumsi soda sangat erat kaitannya dengan kerusakan gigi karena gula yang terkandung dalam minuman ini menyebabkan bakteri di mulut kita menghasilkan lebih banyak asam, yang kemudian merusak enamel.  

Semua gula yang terkandung dalam soda juga memberi tekanan yang signifikan pada hati Anda. Seiring berjalannya waktu, ini menyebabkan hati mengubah gula menjadi lemak. Ini bukan hanya memengaruhi berat badan Anda, tetapi juga menyebabkan penyakit hati berlemak non-alkohol. 

Penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi soda meningkatkan resiko demensia karena lonjakan gula darah yang konstan. Peningkatan kadar gula darah sering dikaitkan dengan demensia dan banyak penyakit lainnya. Selain itu, kelebihan gula yang terkandung dalam soda dapat meningkatkan kadar asam urat yang dapat mengakibatkan peradangan sendi. 

Penyakit terkait peradangan yang paling umum dialami akibat minum soda adalah asam urat. Konsumsi soda secara teratur bahkan dapat meningkatkan resiko berbagai jenis kanker, termasuk kanker kolorektal, pankreas, dan endometrium, yang tersebar luas pada peminum soda berat. Oleh karena itu berikut ini kami telah meringkas beberapa minuman segar pengganti soda.

Apa Saja Minuman Segar Pengganti Soda?

Minuman Infused water

Alternatif soda yang pertama adalah air berkarbonasi dengan rasa alami buatan sendiri. Anda dapat menambahkan bumbu segar dan buah-buahan atau sayuran seperti mentimun untuk memberi rasa pada minuman Anda dan memasukkannya ke dalam vitamin. 

Opsi di sini tidak terhitung jumlahnya, dan Anda harus meluangkan waktu untuk bereksperimen dan menemukan apa yang cocok untuk Anda.

Minuman Jus dan Seltzer

Jika Anda tidak menyukai rasa seltzer biasa, Anda bisa mencoba mencampurkannya dengan jus buah yang manis dan asam seperti anggur atau delima. Ini bukan hanya akan mempermanis minuman Anda tetapi juga dapat membawa beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa. Ini karena buah anggur diketahui memiliki manfaat kesehatan jantung yang ampuh, sedangkan buah delima diketahui dapat membantu meningkatkan daya ingat.

Minuman Air maple 

Anda harus berhati-hati untuk tidak mencampuradukkan air maple dengan sirup maple yang Anda tuangkan di atas pancake. Air maple berasal langsung dari pohon maple, dan merupakan getah yang belum diolah yang mengandung hampir 98% air. Ini juga sangat lezat dan bebas dari bahan pengawet atau aditif.

Kopi 

Kopi adalah alternatif soda terbaik jika Anda minum soda hanya untuk penambah kafein. Ini membantu kewaspadaan mental dan meningkatkan kinerja fisik saat dikonsumsi dalam jumlah sedang. Namun, kafein dapat menyebabkan kecemasan dan gemetar jika Anda melakukannya secara berlebihan, jadi disarankan untuk mengontrol jumlah kopi yang Anda konsumsi. 

Yang terbaik adalah memilih kopi hitam polos tanpa tambahan gula dan perasa buatan. Namun jika ingin membuat minumannya lebih menarik, susu rendah lemak atau nabati adalah pilihan yang baik.

Teh

Teh dalam segala bentuknya adalah salah satu pilihan paling populer di daftar alternatif soda ini. Anda bisa meminumnya panas atau dingin, dan ini juga merupakan minuman bebas kalori yang tersedia dalam berbagai rasa. Anda juga bisa mencoba minum teh hijau jika ingin meningkatkan konsumsi antioksidan. 

Kombucha, teh fermentasi, juga patut dicoba jika Anda ingin sesuatu yang berkarbonasi. Kombucha juga mengandung banyak bakteri ramah usus yang dikenal sebagai probiotik, yang membantu meningkatkan kesehatan usus.

Lemon

Lemon buatan rumah adalah minuman enak yang akan membuat Anda tetap terhidrasi dan memberi Anda banyak vitamin. Anda juga bisa menambahkan beberapa irisan jeruk nipis dan mint untuk menambah rasa. Jika minumannya terlalu asam untuk Anda, coba tambahkan pengganti gula yang sehat seperti stevia atau sirup maple murni.

Jus 

Jika Anda memiliki blender, maka Anda dapat mencoba bereksperimen dengan membuat jus yang berbeda untuk diminum sebagai pengganti soda. Ini akan memberi Anda dorongan nutrisi dan memberikan banyak manfaat kesehatan. Sementara jus buah akan memuaskan hasrat manis Anda, jus sayuran akan sangat membantu Anda mengurangi gula dan kalori. 

Air kelapa 

Sama seperti air maple, air kelapa juga merupakan minuman hidrasi yang kaya akan vitamin dan mineral. Selain itu, air kelapa mengandung banyak elektrolit dan merupakan pilihan yang bagus bagi mereka yang mendambakan sesuatu yang lebih dari sekadar air biasa.