Kue Khas Indonesia yang Bisa Ditemukan Di Pasar

Jual Onde onde pandan | jajanan pasar kacang hijau homemade crispy - Kota Bekasi - Pastel Juanda | Tokopedia
Kue Khas Indonesia yang Bisa Ditemukan Di Pasar

Indonesia mempunyai ribuan budaya yang bisa Anda pelajari yang datang dalam berbagai bentuk seperti tarian, lagu, kesenian, juga makanan kue. jawara79 Makanan dalam kategori ini akan dibagi menjadi beberapa hidangan atau mungkin beberapa kue. 

Kue-kue atau makanan ringan atau yang biasa disebut jajanan, di Indonesia umumnya disajikan sebagai makanan penutup. Tapi disamping itu, banyak orang yang suka memakannya hanya untuk memenuhi perutnya, untuk cemilan. Mereka umumnya memakannya kapan saja mereka mau, siang, malam, atau malam, selama mereka bisa menemukannya. Dan berikut ini beberapa kue khas Indonesia yang bisa ditemukan di pasar.

Apa Saja Kue Khas Indonesia yang Bisa Ditemukan Di Pasar?

Kue Mangkok 

Ini merupakan kue mangkuk Indonesia. Pada dasarnya cara pembuatannya juga sama, namun di Indonesia kita memang lebih sering menggunakan tepung beras. Namun penggunaan tepung terigu dalam porsi kecil selalu dibutuhkan. 

Di Indonesia sendiri banyak sekali varian cup cake, baik dari warna maupun rasanya. Bahkan ada yang menyebut cupcakes dengan nama yang berbeda-beda. Seperti biasa, banyak sekali jenis cupcakes yang bisa Anda temukan di pasar tradisional. Beberapa toko roti juga menjual cupcake, namun dengan aspek yang kurang tradisional. 

Kue Semar Mendem

Semar sebenarnya adalah tokoh terkenal di dunia pewayangan Indonesia. Tapi Semar Mendem, merupakan hal yang sangat berbeda. Banyak yang bingung membedakan kue yang satu ini dengan kue lainnya seperti Lemper dan Lumpia. Ini sebenarnya lemper, namun tanpa daun sebagai penutup. Jadi, Anda bisa melihat tepung terigu putih menutupi isian bagian dalamnya.

Nah di bagian dalamnya, Anda bisa mencicipi ayam yang sudah dibumbui dengan bumbu yang berbeda. Umumnya mereka menggabungkan telur sebagai kulitnya. Tapi mereka hanya menggunakan yang putih saja, dan memisahkan yang kuning. 

Kemudian putih telurnya akan dipadukan dengan bunga gandum supaya lebih kental seperti kulit Semar Mendem. Dan akhirnya mereka menambahkan ayam ke dalamnya, dan begitulah, Semar Mendem yang enak dibuat.

Kue Onde-onde

Berikutnya ialah Onde-onde yang merupakan salah satu kue terkenal di Indonesia. Onde-onde dibuat dengan tepung terigu dan mereka menambahkan semacam topping di dalamnya. Umumnya penjual menggunakan kacang hijau. Di atasnya, mereka menambahkan beberapa biji wijen, yang merupakan satu-satunya hal yang membedakan Onde-onde dari yang lain.

Harga onde-onde hanya sekitar Rp500 saja sangat murah untuk satu kue. Dua atau tiga di antaranya akan dengan mudah mengisi perut Anda, dengan jumlah kalori dan karbohidratnya yang lumayan tinggi, menjadikannya makanan yang baik untuk dimakan di pagi hari. 

Getuk

Getuk merupakan makanan tradisional yang ada di banyak daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Mereka bahkan menjualnya hampir setiap hari, biasanya oleh pedagang lokal. Misalnya, para pedagang lokal di kota Malang menggunakan gerobak untuk menjual kue setiap hari. Mereka umumnya menggunakan musik untuk menarik lebih banyak orang yang sudah mengenal penjual Getuk.

Getuk Lindri

Ini merupakan versi lain dari getuk. Getuk Lindri hadir dengan berbagai warna seperti pink, putih, hijau, dan kuning. Rasanya entah bagaimana berbeda untuk setiap warna. Namun demikian, getuk lindri juga merupakan kue terbaik yang harus Anda coba saat datang ke Indonesia.

Agak sulit menemukannya di daerah sibuk seperti Jakarta atau Surabaya, namun jika Anda berusaha keras, maka dapat menemukannya di pasar tradisional terdekat. Anda bisa mendapatkan dua sampai tiga Getuk Lindri dengan harga murah saja. Anda bisa mendapatkan satu getuk seharga Rp500 sampai Rp1.000 rupiah.

Putu Ayu

Berikutnya dalam daftar kue khas Indonesia, ada versi lain dari Putu yaitu Putu Ayu. Hadir dengan wujud yang berbeda, Putu Ayu menjadi favorit banyak orang. Tekstur keduanya memang berbeda. Dengan Putu, Anda bisa dengan mudah mematahkannya hanya dengan menekan badannya. Tapi dengan Putu Ayu, tidak akan mudah untuk mematahkannya, karena sebenarnya sangat kuat.

Mengambil bentuk bunga, Putu Ayu mencapai ketenarannya dalam waktu singkat. Umumnya yang menyukai kue ini adalah para ibu dan anak perempuan. Bentuk bunga yang indah dan juga wangi daun pandan merupakan hal yang indah.

Lumpia

Terakhir ada Lumpia. Anda bisa menemukannya di pedagang sayur, pasar tradisional, dan juga beberapa pedagang di pinggir jalan. Lumpia selalu lengkap dengan sedikit saus dan bawang Bombay yang panjang juga berwarna hijau.

Teksturnya yang renyah bisa Anda temukan di bagian dalamnya, dan di dalamnya terdapat berbagai jenis sayuran seperti wortel dan kecambah. Anda bisa menambahkan saus untuk memperoleh rasa yang lebih pedas. Dan untuk bawang, beberapa orang menyukai rasa makan bawang dan lumpia.